Jelajahi Tradisi Kuliner Sate Klatak yang Melegenda

Jelajahi Tradisi Kuliner Sate Klatak

Sate klatak adalah makanan khas Jogja, tepatnya dari Kabupaten Bantul, yang unik dan beda nih dari sate-sate pada umumnya.

Ada yang bilang kalau penyebutan ‘klatak’ adalah karena awalnya Mbah Ambyah berjualan di bawah pohon melinjo yang buahnya disebut sebagai ‘klatak’. Tapi, ada juga versi lain yang menyebutkan kalau nama ‘klatak’ ini dikarenakan bunyi ‘tak, tak, tak’ yang dihasilkan dari percikan garam yang ditaburkan ke dalam bara arang. Iya, sesimpel itu!

Seperti halnya sate maranggi atau sate Madura, sate satu ini juga memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya lebih khas dan jarang ditemukan di daerah lain. Perbedaan yang paling mencolok adalah jenis daging, bumbu, dan tusukannya. 

Anak-anak muda Bekasi kalau mau ‘nglathak’ datang aja yuk ke Grand Wisata. Di sana ada tempat makan sate klatak yang enak banget, namanya Sate Klathak Joss Gandoss. 

Padahal daging kambingnya dibakar dari daging mentahan, tapi teksturnya bisa empuk banget dengan bumbu yang meresap sempurna. Seporsinya udah dapat kuah gulai dan sambal kecap pula, mantul dah!

Alamat: Grand Wisata Ruko River Town Blok BA02, Lambangsari, Kab. Bekasi

Jam buka: 10.00 – 21.00 WIB

Kisaran: Rp25.000 – Rp50.000

Baca artikel Ayomakan, “Jelajahi Tradisi Kuliner Sate Klatak yang Melegenda” selengkapnya

https://ayomakan.com/article/jelajahi-tradisi-kuliner-sate-klatak-yang-melegenda

Sate Kambing Sate Klathak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp